Halaman

Selasa, 20 Maret 2012

something you must know..^_^

aq bertanya pada Hasan tentang Thoriqoh..
aq : "apa seh Thoriqoh itu?
Hasan menjawab via inbox in fesbuk.

16 Desember at 5:42 am.
Tarekat?
Mungkin Thoriqoh kali ya…
Aku pernah denger tentang itu,
SYARIAT-THORIQOH-HAKIKAT-MA’RIFAT, tarekat?  Thoriq kan jalan, jalan kemana ya..? kalau kata orang seh jalan menuju Tuhan, proses pencarian wujud Realitas hakiki dengan huruf “R” besar. Tetapi aku bertanya, kenapa mereka mencari Tuhan, dimana Tuhanku?, Tuhanmu? Tuhan mereka? Aku tak mengerti ketika ada seorang sufi dengan lelahnya mencari Realitas itu, hari-hari, minggu-minggu, tahun-tahun, dia tak bisa menemukannya, hingga tak kusangka ternyata ia menemukan-Nya di balik kancing bajunya, ia menemukan-Nya di dalam dirinya. Lagi-lagi Man arafa Nafsahu faqod arafa Rabbahu.
Ada teman berkata: “Diriku bukan diriku, bukan arwah di sangkar jisim, milikku bukan milikku, tapi milik nafas kehidupan.”
Tarekat ? apaan tuh?
Tarekat Qodariah, tarekat Naqsabandiyah, tarekat Alawiyah, aku tidak mengerti?
“Banyak jalan menuju Roma,” katamu, apakah juga banyak jalan menuju Tuhan?.
SYARIAT, perjalanan itu harus diawali dengan syariat, menjalankan semua yang diajarkan syariat, sholat, puasa, haji dan ibadah lainnya. Tanpa berfikir kenapa harus sholat? Kenapa harus puasa? Untuk apa itu? Ibadah? Untuk apa…?
THORIQOH atau yang dibilang tarekat, setelah semua syariat itu berjalan dalam kehidupanmu aka nada dorongan dan panduan rute menuju dirimu dan diri-Nya, siapakah dirimu?
HAKIKAT, akan terbuka realitas hakiki dari segala sesuatu, kumpulan dari realitas-realitas dengan “r” kecil itu akan membimbingmu kepada REALITAS MUTLAK, sehingga engkau tidak akan bisa memalingkan pandanganmu kepada selain Dia.
MA’RIFAT ? dari kata arofa-ya’rifu, artinya mengetahui. Mengetahui apa? Tuhan? Oh nikmat…pengalaman itu sungguh nikmat, engkau akan merasakan ekstase puncak kenikmatan ketika mengalami itu.
Tetapi anehnya ketika sampai ke puncak ekstase, aku jadi tidak mengetahui-Nya, tidak mengenal-Nya, aku tidak mengenalmu, aku tidak mengenal mereka, aku tidak mengenal diriku sendiri, NIHILISME, ketidaktahuan tentang Tuhan adalah bentuk pengetahuan tentang-Nya.
Dariku yang jangankan pintar, bodohpun tak punya.  





dari penjelasannya..banyak pelajaran yang aq dapatkan..
coba deh kamu pahami..pasti kamu akan mengerti beberapa hal...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar