Halaman

Senin, 19 Maret 2012

berKaca pada teMan..

aq ingin sedikit cerita tentang perjalanan aq tempo doeloe. bukankah masa lalu itu adalah bagian sejarah kita yang tak terbantahkan..! yapz..ternyata benar sekali. skarang aq sedang berkaca pada diriku sendiri. aq kembali mengingat perjalanan hidupku pada waktu lalu, ada pelajaran yang ingin aq ambil untuk bekal aq melangkah hari ini dan yang akan datang.
waktu itu -sekitar 8 tahun yg lalu- saat itu aq ikut suatu organisasi berskala besar artinya yang harus bertanggung jawab dan berdedikasi yang ga' setengah-setengah.
dalam organisasi itu aq kenal dengan berbagai orang dari berbagai kalangan, status, dan asal. tapi ada beberapa teman sekolah SMA aq, kita satu almamater. namanya santi dan hana. aq dekat sama mereka, kita satu sama lain saling berbagi, menghargai privasi kita masing-masing. aq dikenalkan oleh hana teman yg ia kenal di organisasi itu..namanya iyasa. aq pun dekat sama dia.
akhirnya tanpa disadari kita jadi tergantung satu sama lain. tanpa kita sadari kita begitu dekat. walaupun begitu ada beberapa hal yang masih kita sembunyikan..yaitu 'cinta', kita berempat masih tertutup akan itu.
tapi saat itu kita sedang tidak bergairah akan cinta, kita akan tersenyum aneh bila ngeliat dua pasang kekasih yang sedang mesra-mesraan di tempat umum. kita akan tersenyum sedih bila melihat sepasang kekasih berantem karena hal sepele.
kita menganggap bahwa mereka udah nyia-nyian hidup yang Allah kasih, artinya sangat disayangkan waktu yang diberikan cuma ketemu sama pujaan hati, ngobrol ngalor ngidul ga jelas, palingan yang diobrolin cuma udh makan, udh solat, jangan begini ya..jangan begitu ya..kamu ga boleh selingkuh ya..awas aja.
hahh...aneh.
kita asyik dengan status jojoba yang udah kadung melekat dalam daftar profil kita masing-masing.
jojoba alias jomblo-jomblo bahagia...hahahhaaaii...
yapz...kita bahagia banget saat itu..
kita banyak impian..
banyak cita-cita..
banyak keinginan..
sampai-sampai kita ga' takut sama apapun kecuali sama Allah.
bener-bener percaya diri banget..semua hidup kita serahkan sama Allah.
percaya ga'..untuk kita yang saat itu berumur 23 tahun..kita berempat tidak ngiler dengan mereka yang punya cowo, yang bisa jalan-jalan sama cowo pujaan hati. kemana-mana kita bawa qur'an.
ga' peduli dengan orang-orang yang menganggap kita aneh dan yang lebih mengerikan kita dibilang 'lesbong' alias lesbian artinya suka sama perempuan. malah kita disangka pacaran antar sesama kita.
masyaAllah...sadis ya pikiran mereka..yapz..itu ga' jadi soal..yang penting Allah sayang sama kita..karena apa? karena kita tidak mau pacaran.
heheheeee....kita berusaha dengan suka cita menjadi yang terbaik dari yang baik.
cita-cita yang mulia.
kita berempat suka bersaing...tapi bersaing secara sehat.
kita suka banget baca buku yang berbau religius..
tapi kita suka juga yang umum..biar up to date maksudnya..kalo' ngomong sama siapapun dari kalangan manapun kita bisa komunikasi tanpa takut dibilang bodoh ataupun jadi cengok karena ga paham.
aq pribadi pernah debat sama ustad yang sangat disegani didaerah itu, tepatnya daerah karawang.
ga ada yang berani ngebantah perkataan beliau, bagi warga disitu beliau adalah tokoh yang disegani saat itu.
jujur waktu aq ngobrol sama beliau, aq ga tau siapa beliau, saat itu aq hanya nganterin temen anak UNJ silahturahim kerumah beliau, temen aq ga' cerita tentang beliau, aq cuma disuruh nemenin aja.
sampai disana aq ngobrol sama beliau ngebahas tentang qur'an. entah kenapa pendapat atau pikiran beliau berbeda dengan pendapat atau pikiran aq. maklum masih muda..dan jiwa aq pun masih semangat-semangatnya tanpa peduli siapa orang yang aq ajak bicara, baik anak muda yang seumuran, orang dewasa, ataupun orang tua sekalipun..aq cuek aja bicara sama mereka. tapi tentu saja dengan cara yang sopan.
upz..kelewat neh..back to ustad tadi..aq lupa namanya..yang pasti beliau sempet diam dan peratiin aq terus. aq seh biasa aja diperatiin sama beliau..tapi sebenarnya kalo diinget ustad itu tampan dan ternyata beda cuma dua tahun lebih tua sama aq.
setelah obrolan aq sama beliau yang singkat, yang berujung kemenangan buat aq..hehehheeee..soalnya beliau jadi goyah sama pendapat aq. buktinya dia selalu meminta aq untuk main kerumahnya.
beliau sampai khawatir sama keadaan aq, peratian, dan nanya tempat tinggal aq..hehehee bahkan aq sengaja berbohong saja beliau tetap percaya sama aq..tapi aq ga tertarik ataupun suka sama beliau..aq hanya menganggap beliau adalah kakak, ga lebih. karena beliau ga bisa bikin aq jadi penasaran. heheheee..sombong ya aq. hanya Allah yang tau.. ^_^
wooww...aq lupa lagi..sebenarnya aq mo cerita tentang satu persatu sahabat aq ini..biar kita sama-sama berkaca. mudah-mudahan ada pelajaran yang dapat diambil. amin..
emm...dari santi. santi nama kecilnya, panggilan sayang antar kita yaitu firiyal, aq lupa artinya.
dia teman SMA aq satu angkatan, dia itu pintar banget matematikanya, dengan kata lain pelajaran eksak dia jagonya..pelajaran selain eksak juga oke. pokoke dia termasuk murid yang pintar, dan gampang bergaul walau agak sedikit songong. hahaaaa..(sorry san..@_@) dia pemilih dalam berteman. dan yang bikin aq pengen ketawa klo ngeliat tampangnya..asli kaya orang bego kalo lagi diem. hahahaaaaiiii...
singkat cerita aq sama dia pernah satu kerja..ada yang ga aq suka sama dia. dia terkadang ga peduli sama teman, bahkan sama aq teman dekatnya..dia ga peduli, dia pernah ngejatuhin aq didepan teman-teman kerja bahkan owner aq, hanya untuk kepentingan pribadi. aq sempat sedih dan terpukul, di tempat kerja aq tertekan..tapi aq tetap tegar saat itu. aq tetap mengalah sama dia, karena aq tetap anggep dia adalah teman aq. aq tetap ngebela dia walau dia udah ninggalin aq disaat dia diatas. emm..yapz..dia cari-cari aq ketika dia dalam kesusahan..aq selalu aja ada untuk dia. (kenyataan san..heheeee..hugh @_@).
seiring dengan waktu..kita berpisah karena kita punya ambisi dan cita-cita yang berbeda. dia pindah kerja ke daerah serpong, yang saat itu daerah yang asing buat aq. losskontak pastinya.
selang beberapa tahun..aq ketemu lagi sama dia..kita kontek-kontekan lagi..emm..banyak yang berubah darinya..dari pakaian, gaya hidup. dia udah berani pake baju yang lengannya pendek pas diketiak, hehee dandan pula dia. cantik. dia kursus bahasa mandarin. dia mang suka dengan orang China, menurutnya orang China itu ga ada yang miskin, mereka gigih dalam segala hal serta ulet, mangkanya pada sukses..begitu katanya. aq hanya iya saja dan banyak mendengar cerita dia saja. sedikit kecewa aq padanya yang aq denger dari teman aq yang ngeliat dia di cafe..dia minum bir hitam. astaghfirullah..aq sedikit ga percaya..tapi ternyata benar..pergaulan yang merubah dia. dia bergaul dengan banyak orang chines. dan pada akhirnya dia pacaran dengan cowo china. aq dengar pula cowonya itu sudah punya istri di negaranya. dia datang ke Indonesia semata-mata karena kontrak kerja dari Restoran China dimana dia bekerja.
akhirnya dia menikah tapi tidak secara resmi, dia MBA. anaknya cantik, aq suka banget.
cowo yang telah menjadi suaminya balik ke negaranya yaitu China..santi hanya dapat kiriman yang ga terlalu banyak tiap bulannya. dia hanya hidup sendiri, bapak kandungnya tidak peduli sama dia.
santi tetap santi yang aq kenal..dia tetap tegar dengan keadaannya. dia tetap menjaga anaknya dengan baik.
semoga Allah berkahi hidupnya. amin.

Iyasa itu nama panggilan kesayangan kita untuknya. nama dia yang sebenarnya Lina. lina tidak satu SMA sama aq. aq kenal dia di organisasi islam. dia pribadi yang tangguh tapi rapuh. dia yang smart tapi pelupa. dia cantik, kulitnya putih dibanding aq..hihihiii. dia ga bisa bergaul dengan sembarang orang, hanya satu pola pikir yang bisa nyambung sama dia. soalnya dia aneh, suka bengong sendiri, tiba-tiba tertawa, tiba-tiba nangis tanpa sebab..yaa..hanya dia dan Allah yang tau apa yang sedang dia pikirkan.
dia banyak ambisi dan keinginan. semangat hanya diawal, setelah itu dilupakan begitu saja. bahasa inggrisnya oke banget..paling lancar diantara kita berempat.
kuliahnya berenti ditengah jalan..karena faktor ekonomi. dia memutuskan untuk bekerja saja sambil kursus bahasa inggris katanya. sesuai dengan keinginannya, dia bekerja di vitamin sebagai SPG vitamin di apotik guardian. dia sering sakit magh karena selalu telat makan. yapz..dia keteteran dengan maslah keuangan. gajinya ga mencukupi untuk dia satu bulan. hemm..dia harus ngebiayain adenya dan bahkan ngasih uang buat ibunya.
dia selalu gali lobang tutup lobang sana sini..sampai nama dia tercemar karena suka pinjam.
dia suka mengeluh padaku..tapi aq salut sama dia, karena dia tegar n terus berusaha memperbaiki hidupnya yang terpuruk saat itu.
suatu hari dia cerita ke aq kalo selama ini dia jatuh cinta dengan kaka seniornya waktu dikampuznya dulu. dan kebetulan juga kaka seniornya itu satu daerah dengan rumahnya hanya beda beberapa blok dari rumahnya. dia harus kecewa karena kaka seniornya itu udah punya kekasih. tapi dia ga mo nyerah gitu aja. dia ampe bela-belain lewat depan rumah kaka seniornya itu padahal muternya lumayan jauh..hahahaa..hanya untuk ngeliat pujaan hati, kemudian senyum dan nyapa.
yapz...cinta itu aneh. selalu seperti itu..dia orang yang pantang nyerah, apa aja dia lakuin agar kaka seniornya itu menyukainya. tapi ya itu tadi..dia tetap saja nelangsa karena kaka seniornya itu udah punya pacar. maksain banget..hehe tapi katanya dia puas walau tak berbalas..
aq cuma ketawa aja denger dia cerita.
hari demi hari..dia selalu berinovasi dalam hidupnya..
setelah sekian lama ga ketemu..akhirnya Allah mempertemukan kita lagi. aq minta dicariin kerja sama dia. ga sengaja ketemu di mall.
dia bantu aq masukin lamaran di perusahaan tempat dia bekerja,
akhirnya aq dapat kerja yang sama seperti dia SPG vitamin, tapi diperusahaan yang beda dengan dia.
sibuk masing-masing..ketemu lagi ketika dia sudah keluar dari SPG vitamin dan masuk kerja di kecantikan BA sebutannya. aq ga paham singkatannya yang pasti dia jadi BA ROC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar